UNM Teken Kerja Sama dengan Polda Sulsel

Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kerja sama dengan Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda) yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN, Eng., dan Kepala Kepolisian Daerah, Irjen. Pol. Drs. Merdisyam, M.Si, di Ruang Rektorat Menara Pinisi, Rabu (28/7/2021).

Perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang kesinergian pelaksanaan tugas dan fungsi, yang meliputi pembinaan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat serta penanggulangan tindak pidana yang terjadi dalam dan sekitar wilayah kampus UNM, pelaksanaan tri darma perguruan tinggi serta implementasi merdeka belajar kampus merdeka, serta pertukaran data, informasi, keahlian serta pemanfaatan sarana dan prasarana dalam rangka pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati.

Dalam sambutannya, Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Merdisyam, menyambut baik kerja sama ini sebab selaras dengan tujuan dan harapan kesepahaman untuk menciptakan sebuah hubungan kerjasama yang harmonis antara Polri dengan perguruan tinggi di Sulawesi Selatan pada umumnya dan UNM pada khususnya.

“Menjalin dan menjaga hubungan dengan perguruan tinggi merupakan cara yang efektif dalam membangun stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat”, terangnya.

Senada dengan Kapolda Sulsel, Rektor UNM, Prof. Husain, juga mengungkapkan bahwa agenda hari ini merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagian karena sinergitas antara UNM dan Polri sangat diperlukan dalam ketertiban dan kehidupan kampus.

“Sinergitas antara UNM dan Polri sangat diperlukan dalam ketertiban dan kehidupan kampus, keamanan dari gangguan yang terjadi tidak lepas dari Tri Dharma perguruan tinggi,” ungkapnya.

“Kerjasama antara UNM dan Polri ini bukan kali pertama dilakukan, melainkan selalu diperbarui, penguatan dan sinergi kedua lembaga dalam kepedulian bersama.”, lanjutnya.

Ia berharap kerja sama ini bisa terus terjalin, terus menjaga hubungan, dan tetap berkoordinasi dalam menciptakan keamanan baik dalam kampus maupun di masyarakat.

Penandatanganan Kerja Sama ini turut dihadiri para pimpinan UNM dan para pejabat kepolisian daerah Sulawesi Selatan.