Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis UNM Garap Aplikasi Teleconomix Sebagai Media Edukasi Bagi Pelaku UMKM

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam tim Program Bisnis Edupreneurship sebagai bagian dari revitaliasasi LPTK, mengembangkan suatu inovasi berupa Aplikasi Akuntansi bernama Teleconomix guna meningkatkan minat literasi keuangan digital bagi pelaku UMKM.

Pengelolaan keuangan berbasis digital dinilai menjadi tantangan baru bagi pelaku UMKM. Sejumlah upaya dilakukan mulai dari cara konvensional (manual) sampai modern (digital) guna meningkatkan minat literasi keuangan. Salah satunya pembuatan aplikasi digital akuntansi (accounting application) untuk membantu kemudahan pembuatan laporan keuangan pengelolaan usaha.

Mahasiswa tersebut terdiri dari lima orang, yakni Armita Puspita. K sebagai ketua tim dari Prodi Manajemen S1, Muh. Tufiq dari Prodi Pendidikan Akuntansi, Fauzan Fajrul Ramadhan dari Pendidikan Akuntansi, Indah Mariatun dari Prodi Pendidikan Ekonomi, dan Nastairah dari Prodi Pendidikan Ekonomi. Tim ini dibimbingan salah satu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Rahmatullah, S. Pd., M.E.

Kegiatan Bisnis Edupreneurship yang diajukan ini mengambil judul “Teleconomix Sebagai Media Edukasi Pengelolaan Keuangan Berbasis Digital Bagi Pelaku UMKM”. Ketua tim Aplikasi Teleconomix, Armita Puspita. K mengatakan, tujuan pembuatan aplikasi Teleconomix ini untuk memperbaiki pencatatan dan pengelolaan laporan keuangan pelaku UMKM agar lebih cepat, tepat, dan tidak hanya sebatas prediksi.

“Tujuan dari aplikasi ini ialah, Membantu para pelaku UMKM dalam memperbaiki penyusunan dan pengelolaan laporan keuangan pada usaha yang telah dijalankan, dengan beralih dari model manual ke digital. Selain itu, membantu para pelaku UMKM dalam memahami literasi keuangan secara cepat, tepat, dan terintegrasi melalui pemanfaatan aplikasi Teleconomix sebagai faktor kunci untuk meraih keberhasilan bisnis” tutur Armita.

Kondisi ini memberikan motivasi agar laporan keuangan yang dihasilkan lebih teliti dan terintegrasi, mulai dari Laporan laba rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Posisi Keuangan, Laporan Arus Kas dan Laporan atas Laporan Keuangan. Telekomonix hadir sebagai inovasi berbentuk aplikasi yang bergerak di bidang jasa. Hadirnya aplikasi Teleconomix menawarkan kemudahan dalam mencatat dan mengelolah laporan keuangan.

Sementara itu, pembimbing dari Tim ini, Dr. Rahmatullah, S. Pd., M.E., mengungkapkan bahwa hadirnya aplikasi Telekonomix menawarkan kemudahan dalam mencatat dan mengelolah laporan keuangan, sekaligus menghadirkan kemudahan dalam berinteraksi atau mentoring jarak jauh yang menghubungkan antara pelaku UMKM dan pakar ekonomi dan keuangan. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan juga sebagai media praktik dalam pebelajaran.

“Dengan menggunakan aplikasi Teleconomix pelaku UMKM sudah dapat mengakses tutorial pencatatan dan pengelolaan laporan keuangan khususnya laporan laba rugi. Teleconomix dirancang sebagai aplikasi dengan berbagai fitur yang memberikan kemudahan dalam pencatatan akuntansi bisnis pada pelaku UMKM” ucapnya.

Aplikasi Teleconomix merupakan solusi dari rendahnya literasi keuangan UMKM di era bisnis digital. Semakin banyak masyarakat yang tahu mengenai manfaat produk dan jasa keuangan, Semakin besar transaksi keuangan yang dapat diciptakan dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM dalam mengelolah keuangannya utama di era bisnis digital yang ada di Kota Makassar.

Untuk mengakses aplikasi Teleconomix dapat mengunjungi link berikut: https://www.teleconomix.com/splash.php .
Tutorial penggunaan aplikasi dapat diakses pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=tvkpmj8Dsr0

Translate »