Dies Natalis UNM ke-61, Rektor: Kiprah UNM Menjadi Kebanggaan Tersendiri

Universitas Negeri Makassar (UNM) memperingati Dies Natalis ke-61 di Ballroom Theater Menara Pinisi, Senin, 1 Agustus 2022.
Resmi didirikan pada 1 Agustus 1961, kini Universitas Negeri Makassar (UNM) memperingati Dies Natalis ke-61.

Di usia ke-61 Universitas Negeri Makassar memperlihatkan perkembangan yang pesat.

Rektor UNM Profesor Husain Syam mengatakan Dies Natalis ke-61 ini adalah hal yang istimewa karena tahun berdiri dan dies natalis hari ini sama-sama berakhir 61.

“Dengan segala kipranya di Sumber Daya Manusia menjadi kebanggaan tersendiri bagi civitas akademika UNM,” jelasnya.

Husain Syam menargetkan dengan Dies Natalis ke-61 selalu memberi yang terbaik untuk masyarakat dan mengantarkan mahasiswa lebih baik untuk menjawab tantangan ke depan.

Sementra itu, Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Prof Dr Rokhmin Dahuri menyampaikan orasi berjudul Memperkokoh Karakter Kewirausahaan di Era Disrupsi 4.0 Perubahan Iklim, Ketegangan Geopolitik,dan Post Truth.

Ia mendorong para mahasiswa dan lulusan Universitas Negeri Makassar (UNM) memilih jalan menjadi pengusaha (entrepreneur).

“Para ulama telah sepakat mengenai kebaikan pekerjaan dagang (jual beli), sebagai perkara yang telah dipraktikan sejak zaman Nabi hingga masa kini,” ujar Prof. Rokhmin Dahuri

Pada kesempatan itu, Prof. Rokhmin Dahuri harapnya, UNM dan seluruh alumninya mampu mengurai permasalahan bangsa. Mencetak sumber daya manusia yang tidak pernah melupakan sejarah, bahwa pendahulu mungkin ada sisi negatifnya. Namun yang positif harus diteruskan.

“Sayangnya, sejak awal era Reformasi paparnya, setiap ganti presiden, Menteri, gubernur, dan bupati/walikota; kebijakan dan program nya berganti pula. Jadi, kita ibarat membangun ‘istana pasir’ atau ‘tarian poco-poco’. Tidak ada kemajuan pembangunan yang akumulatif dan berkelanjutan. Etos kerja, produktivitas, daya inovasi, dan akhlak kita sebagai bangsa pun tergolong rendah,” katanya.

Translate »