UNM Kampus Pertama Pelaksanaan Rekapreneur Kemendikbud

Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi kampus peratama dari rangkaian kegiatan Rekapreneur yang digagas oleh Kemendikbud, yang berlangsung di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Kamis (10/11/2012)

Kedaireka sendiri menjadi terobosan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sebagai tempat bertemunya perguruan tinggi dan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk berkolaborasi menciptakan beragam inovasi.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor 1 bidang Akademik, Prof. Hasnawi Haris.

Dalam sambutannya Prof. Hasnawi meyambut hangat kegiatan tersenut, menurutnya, mengatakan kehadiran program ini akan membuka peluang perguruan tinggi dan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk berkolaborasi menciptakan beragam inovasi.

“Ini kesempatan emas untuk mendorong perguruan tinggi khususnya para dosen agar untuk bekerja sama dengan berbagai industri untuk menyusun proposal inovasi dan nanti industri akan melihat inovasi yang cocok untuk berkolaborasi,”ungkapnya.

Karena itu, menurut Prof. Hasnawi paradigma perguruan tinggi yang selama ini menghasilakn produk pengabdian, produk penelitian, harus mampu bergerak membuat inovasi yang cocok untuk berkolaborasi dengan dunia industri.

“paradigma selama ini dan kelasian kita selama harus berubah, dari tadinya kita hanya menghasilakn prodak pengabdian, produk penelitian, lalu kemudian tersimpan rapih di laci kita, itu tidak cukup, kita harus begerak kedepan agar hilirasasi dari riset kita itu benar benar kita manfaatkan,” harapnya

Sekedar diketahui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek melalui Kedaireka melakukan “Kick Off Program Ekosistem Kedaireka”. Program ini sebelumnya telah diluncurkan secara daring pada akhir September 2022.