UNM Peringati HUT RI, Upacara Pakai Baju Adat

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar upacara peringatan proklamasi kemerdekaan di Pelataran Menara Pinisi,  Kamis (17/8/2023). Pada kesempatan tersebut Rektor UNM, Prof. Husain Syam, bertindak sebagai pembina upacara dan dihadiri oleh seluruh civitas akademika UNM.

Para peserta upacara termasuk pembina menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Pada momen ini juga dirangkaiakan dengan penghargaan dan hadiah pemenang lomba dalam rangka Dies Natalis UNM ke-62 diberikan dalam lingkup UNM.

Dalam sambutan seragam Mendikbudristek yang disampaikan oleh Rektor UNM menyampaikan bahwa Dari para pendahulu bangsa, kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir.

“Dengan implementasi Kurikulum Merdeka, para peserta didik dan para pendidik kita sekarang telah merasakan keleluasaan dalam belajar dan mengajar. Kemerdekaan tersebut sudah dirasakan di lebih dari 250 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia,” kata Husain Syam.

Selain itu, kata Husain Syam komitmen untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru, program seleksi guru ASN PPPK juga terus diselenggarakan dengan melibatkan kolaborasi lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah. 

“Berkat gotong royong ini, kita berhasil mencetak rekor dengan merekrut 544 ribu guru ASN PPPK, dan jumlah ini akan terus meningkat sampai tercapai target satu juta guru diangkat sebagai ASN PPPK,” jelasnya.

Husain Syam juga menyebut jika usia UNM yang 62 tahun ini, dirinya merasa bangga dan bahagia karena terus bergerak untuk maju. Terlebih lagi kata Husain Syam jika guru besar UNM yang saat ini berjumlah 108 orang akan mendapatkan tambahan sebanyak 16 guru besar.(source: RRI)