Rektor UNM Buka Kuliah Umum ‘Literasi Digital: Peduli Kesehatan Mental di Ruang Digital’

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng membuka secara remi kuliah umum yang digelar UPT LBK UNM, di Gedung Pinisi, Kamis (12/10/2023).

Kuliah umum tersebut mengangkat tema “Literasi Digital: Peduli Kesehatan Mental di Ruang Digital”

Dikesempatan itu menghadirkan narasumber Presidium Mafindo Dr. Jumrana, M.Sc, dari komunitas TularNalar Dwitasari Teteki Bemadeta, dan Dekan FIP UNM DR. Abdul Saman.

Rektor UNM Prof. Husain Syam dalam sambutannya  mengatakan kuliah umum dengan tema yang seperti ini sangat dibutuhkan, tapi di sisi yang lain mempunyai dampak negatif tersendiri bagi manusia.

“Digitalisasi penting karena mempercepat aktifitas kita. Penyakit mental ini amat sangat penting kita bahas terkait pengaruh digitalisasi,” ungkapnya.

Prof. Husain Syam menyoroti fenomena di ruang digital banyak prilaku dan ujaran yang tak sepantasnya yang bisa melukai perasaan orang lain dan bisa memecah belah persatuan.

Hal inilah yang membuat penggunaan media sosial harus dibatasi.

“Kita harus galau, bagaimana kita selamatkan anak-anak kita dari pengaruh mental dari digitalisasi, kalau kita tidak tau bagaimana cara menghargai diri di ruang digital itu bahaya, kadang orang menyampaikan kata tidak ditimbang, siapa yang sakit, yang mengeluarkan kata atau kita,” ungkapnya.

Dari kuliah umum ini rektor bakal menggagas untuk mengahdirkan ruang Konselor Sebaya di tiap Fakultas yang ada di UNM, sehingga bisa menjadi ruang sharing untuk menyelesaikan masalah para mahasiswa.

“Konselor sebaya ini harus serius kita hdirikan disemua fakultas. Untuk kemudian menjadi sharig corong untuk berpikir positif,” harapnya.