Sebanyak 5879 Peserta Ikuti Tes SKD CASN Titik Lokasi Mandiri Kemendikbudristek Wilayah Sulawesi Selatan Tahun 2023 

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn., meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Titik Lokasi Mandiri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Wilayah Sulawesi Selatan Tahun 2023 yang dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar, Senin (13/11/2023). 

Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang dilaksanakan di UNM diikuti sebanyak 5879 peserta dengan rincian peserta tes CPNS sebanyak 5329 orang, peserta tes PPPK Nakes sebanyak 291 orang dan peserta PPPK Teknis 259 orang 

Seleksi SKD ini menggunakan sistem CAT (computer assisted test) yang terdiri dari tiga jenis soal, yakni Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn. selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNM memberikan motivasi kepada para peserta CASN yang mengikuti tes SKD di UNM. 

Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn. juga menyampaikan bahwa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun. “seleksi ini tidak dipungut biaya apapun yah, tidak ada titipan-titipan ini murni mengandalkan kompetensi kalian”, pungkasnya. 

Tidak hanya di UNM Sebagai Koordinator Titik Lokasi Mandiri Kemdikbudristek Wilayah Sul-Sel, pelaksanaan tes SKD ini juga dilaksanakan dibeberapa Titik Lokasi Mandiri lainnya di wilayah Indonesia secara bersamaan waktunya. 

Panitia Bersama untuk Titik Lokasi Mandiri Kemdikbudristek Wilayah Sulawesi Selatan di koordinir oleh Universitas Negeri Makassar yang beranggota yaitu Universitas Hasanuddin, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajenne Kepulauan, dan Institut Teknologi Baharuddin Jusuf Habibie. 

Sesuai jadwal, tes SKD CASN di Titik Lokasi Mandiri Kemendikbudristek Wilayah Sulawesi Selatan ini berlangsung mulai tanggal 10 hingga 16 November 2023.