Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Gelar Kuliah Umum Era Artificial Intelligence

Program Studi Sosiologi FIS-H UNM menyelenggarakan kuliah umum dengan mendatangkan praktisi mengajar mengulas peran dan peta jalan mahasiswa sosiologi pasca menyelesaikan studinya dalam menghadapi dunia kerja, Senin (27/11/23) di Gedung Pinisi UNM.

Kuliah umum bertajuk Era Artificial Intelligence, Alumni Sosiologi Bisa Apa?” dibawakan oleh Veraningsi direktur Nonton Bareng Indonesia, platform digital yang bergerak dalam dunia seni mempertemukan pekerja seni pertunjukkan dengan penonton berbasis riset asal Bantul, Yogyakarta

“Dengan mengambil peran sebagai asisten ahli, peneliti, koordinator wilayah, arsiparis, penyuluh, sampai analisis kebencanaan, alumni sosiologi dapat mengisi posisi kerja seperti di kantor pemerintahan, badan intelijen negara, kementerian, dan dinas-dinas di daerah”, ujar Vera saat memberikan materinya.

Selain menjelaskan dapat juga masuk ke sektor privat atau swasta di berbagai perusahaan dan bisnis startup, Vera juga mengungkapkan bagi alumni sosiologi yang ingin bekerja dengan budaya kerja lebih fleksibel, lebih beragam, dan berjejaring ke masyarakat, dapat merambah dunia social organization.

Social organization adalah sektor yang diisi oleh NGO/Lembaga Swadaya Masyarakat yang jumlahnya cukup banyak. Dengan berperan menjadi seperti youth development consultantart social empower specialist, atau community development coordinator, dapat mendaftarkan dirinya di NGO yang bergerak di bidang pendidikan, konservasi lingkungan, HAM, atau badan-badan internasional seperti WHO atau UNICEF.

Dalam sesi tanya jawab, Vera mengingatkan penting bagi calon alumni mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Alumni UGM ini membocorkan tips dan trick agar dapat diterima di dunia kerja dengan membuat portofolio yang berisi pengalaman kerja sebanyak-banyaknya.

“Mulailah membuat carreer path, perbanyak portofilio apakah itu pengalaman berorganisasi, pekerjaan sampingan, atau pernah menjadi relawan,” pungkasnya.

Di acara ini selain kuliah umum, Prodi Sosiologi juga menawarkan kontrak kerja sama dengan Nonton Bareng Indonesia dalam bentuk program magang, dan kegiatan-kegiatan kreatif lainnya