Tim Sospro UTBK-SNBT UNM Gelar Sosialisasi dan Promosi Penerimaan Maba Tahun 2024 Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes

Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjalankan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes Tahun 2024 menggelar Sosialisasi dan Promosi Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) Tahun 2024 UNM yang dilakukan secara daring, Rabu (27/3/2024).

Ketua Panitia UTBK-SNBT Tahun 2024 UNM, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum menyampaikan bahwa kami sebagai penyelenggara pelaksana UTBK-SNBT memiliki kewajiban menyampaikan ke para kepala sekolah dan guru serta siswa yang akan mengikuti pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut Ia juga memaparkan mengenai mekanisme pelaksanaan UTBK, ketentuan umum, persyaratan, dan materi tes yang akan dilaksanakan.

“Hal penting lainnya, sosialisasi ini dilakukan karena menjadi tangung jawab kami untuk menyampaikan perubahan aturan dari tahun sebelumnya”, paparnya.

Ia menegaskan ada tiga hal penting yang disampaikan oleh Prof. Hasnawi yakni pertama, tiap peserta bebas memilih program studi di PTN akademik, PTN vokasi, dan atau PTKIN. kedua, setiap peserta dibolehkan memilih maksimal 4 program studi yang terdiri dari 2 program studi akademik (sarjana) dan 2 dari program vokasi (diploma tiga atau diploma empat). terakhir, urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

“Kalau selama ini pilihan masing-masing pendaftarn hanya bisa memilih 2 program studi, tahun ini pilihan yang ada boleh memilih maksimal 4 program studi baik itu PTN akademik maupun PTN vokasi atau PTKIN”, jelasnya.

Untuk UTBK-SNBT Tahun 2024 akan dilaksanakan 2 gelombang, gelombang pertama yang akan dilaksanakan pada 30 April 2024 dan 2-7 Mei 2024, serta pelaksanaan gelombang kedua akan dilaksanakan tgl 14-20 Mei 2024.