UNM Berpartisipasi dalam Forum FIP-JIP di Medan

671714766969

Untitled document

671714766969UNM – Forum Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) Tahun 2013 dilaksanakan dari tanggal 29 s.d 31 Oktober 2013 di Kota Medan Propinsi Sumatera Utara dimana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan (FIP-UNIMED) sebagai pelaksana dan dibuka langsung oleh Kepala BPSDMP-PMP Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mewakili Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut beliau Forum FIP-JIP pada tahun ini merupakan pertemuan yang istimewa mengingat bahwa pada tahun ini pula Kurikulum 2013 mulai diberlakukan. Ide-ide dan sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan pendidikan bagi generasi muda dalam rangka menyongsong generasi emas 2045 sangat diharapkan. Forum FIP-JIP ini sangat berarti bagi kemajuan pendidikan yang akan memberi corak dan warna pendidikan dimasa yang akan datang. Kegiatan dalam forum FIP-JIP ini terdiri dari kegiatan seminar internasional, pertemuan Forum Rektor yang tergabung dalam FIP-JIP, Forum Dekan dan Forum ketua jurusan Ilmu Pendidikan.

671118795202

Anggota pertemuan Forum FIP-JIP ini terdiri dari Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Menado (UNIMA), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universias Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas  Negeri Jogyakarta (UNY), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Pendidikan Ganesha Bali, dan Universitas Negeri Medan (UNIMED) dimana pelaksanaannya setiap 2 tahun sekali secara bergantian, dan untuk pertemuan 2 tahun berikutnya disepakati di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Kota Gorontalo.

671118780428

671714765224

Dalam Forum FIP-JIP selain dihadiri oleh Para Pembantu Rektor I, peserta dari Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari peserta inti Dekan dan Ketua Jurusan Ilmu Pendikan. Para Pembantu Dekan, beberapa dosen FIP yang menyumbangkan makalah untuk dimuat dalam procceeding dan mengikuti seminar international. Adapun makalah yang dimuat adalah terdiri dari makalah terseleksi dari setiap 7 (tujuh) jurusan yang tergabung dalam Forum FIP-JIP salah satunya adalah dengan judul Pentingnya Kompetensi Kepala Sekolah dalam Mendukung Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah yang ditulis oleh Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd. dosen dari Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM. Selain makalah terseleksi panitia pelaksanan juga memilih makalah sumbangan dari FIP UNM untuk dimasukkan dalam proceeding yaitu makalah yang ditulis oleh Prof. Dr. Patta Bundu, M.Ed., Dr. Abdullah Sinring, M.Pd., Dr. Andi Cudai Nur, M.Si, Dr. Ratmawati, M.Pd., Dr. Faridah Aryani, M.Pd., Dr. Abdul Saman, M.SiCons, Dr. Nurhikamah HA, M.Si. (Kontributor: Ahmad Syawaluddin)

 

Leave a Reply