kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

Dosen UNM menjadi Pelatih Good Practice School

Untitled document

foto_4UNM – Semua mata kuliah bisa dipraktikkan dalam pembelajaran aktif di perguruan tinggi. Hal tersebut diungkapkan oleh Prof. Dr. Johar Amir, M. Hum di sela-sela pelatihan  Sekolah Praktik yang Baik (SPB) atau good practice school yang yang diselenggarakan USAID PRIORITAS di Surabaya (1-3/12).  Lebih lanjut diuangkapkan “Semua kembali pada kemauan dosen apakah dia mau mengubah cara mengajar atau tidak. Kalau untuk mahasiswa, pembelajaran aktif sangat membantu mereka saat implementasi PPL di sekolah. Bahkan mereka senang dengan adanya model pembelajaran yang berbeda dari biasanya,” terang Ketua Prodi Bahasa Daerah Universitas Negeri Makassar (UNM) ini.

 

Untuk mengembangkan sekolah rujukan yang berhasil dalam menerapkan pembelajaran dan manajemen sekolah, USAID PRIORITAS menyelenggarakan pelatihan untuk pelatih tingkat nasional bagi 68 dosen dari 16 LPTK mitra Mereka dipersiapkan melatih dan mendampingi SD, MI, SMP, dan MTs di setiap kabupaten/kota mitra untuk menjadi sekolah praktik yang baik (SPB) atau good practice school. Sekolah praktik yang baik adalah sekolah yang dirancang dan dikembangkan menjadi sekolah yang dapat menjadi contoh yang baik dari segi pembelajaran dan manajemen sekolah. ”Pelibatan para dosen LPTK untuk lebih mendekatkan LPTK sebagia pencetak guru dengan sekolah, dan agar sekolah praktik yang baik dapat menjadi tempat praktik mengajar bagi para mahasiswa calon guru,” kata Ajar Budi Kuncoro University and Stakeholder Coordinator Specialist USAID PRIORITAS.

Pengembangan SPB merupakan bagian dari program USAID PRIORITAS yang bertujuan agar para mahasiswa calon guru dapat praktik mengajar di sekolah yang telah berhasil dalam menerapkan pembelajaran aktif dan manajemen berbasis sekolah (MBS). ”Sehingga ketika mahasiswa LPTK menjadi guru, mereka sudah mengetahui wujud praktik bukan teori dan terbiasa menerapkan pembelajaran aktif dan MBS,” katanya lagi.

foto_2 foto_2

Para dosen LPTK tersebut diberikan beberapa materi diantaranya tentang pendekatan saintifik dalam pembelajaran, merancang lembar kerja yang mendorong siswa berpikir tingkat tinggi, program membangun pembiasaan literasi, dan portofolio dalam penilaian otentik.

Sebelumnya, pemilihan dan seleksi SPB ini dilakukan oleh tim dosen LPTK yang selama ini terlibat dalam program USAID PRIORITAS. Ada lima aspek yang menjadi kriteria seleksi, yaitu kegiatan siswa menunjukkan pembelajaran aktif, guru dalam mengajar menerapkan pendekatan pembelajaran aktif, kepemimpinan sekolah mendukung keberhasilan pembelajaran, manajemen sekolah dijalankan secara akuntabel dan terbuka, serta peran serta masyarakat yang terlibat aktif dalam proses pendidikan di sekolah.

Perwakilan SPB yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan komite sekolah juga mendapatkan kesempatan untuk saling belajar dan mengunjungi beberapa sekolah mitra USAID PRIORITAS yang ada di tujuh provinsi.

Leave a Reply