kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

Mahasiswa Program Studi PGSD UNM belajar Peta di Kodam VII Wirabuana.

Untitled document

UNM – Rabu, 30 April 2015, Mahasiswa Program Studi PGSD FIP UNM mengadakan kuliah lapangan di Kodam VII Wirabuana. Mahaiswa berjumlah 131 orang memprogramkan mata kuliah Pendidikan IPS dengan materi Pengenalan dan Pembuatan Peta. Didampingi oleh Dosen Pendamping Mata Kuliah IPS Widya Karmilasari dan Kepala Laboratorium IPS Djohara Nonci.

 

Sambutan Kepala Topografi Kodam (Katopdan) VII Wirabuana Kolonel CTP Satriya Wardana, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini karena sesuai dengan tujuan keberadaan dari devisi yang dikomandoinya. Belia menyampaikan mahasiswa dapat memanfaatkn kegiatan ini untuk menambah wawasan pembuatan Peta Topografi, membangun komunikasi sosial dengan mahasiswa dalam rangka pembinaan tutorial.

Perwira Topdam yang membawakan materi adalah Mayor CPT Radjamuda, Kapten Toto Suparto dan Letnan Dua Anang. Mereka menjelaskan Pengertian Peta, Macam-macam Peta, Kegunaan Peta, Tahapan Pembuatan Peta Potografi, Bagaimana Membaca Peta manual dan digital serta bagaimana cara mengedit dan mencetak hasil pengambilan gambar peta.

Ketua Program Studi PGSD Ahmad Syawaluddin yang ikut dalam rombongan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menambah wawasan mahasiswa PGSD, apalagi mereka bisa melihat langsung bagaimana proses pengambilan gambar dengan menggunakan pesawat sederhana yang bisa mengambil gambar dari ketinggian 300-500 meter seperti yang dipragakan oleh Letda CPT Anang tadi. Diakhir kegiatan mahasiswa bisa melakukan tanyajawab yang dipandu oleh Kapten CPT Toto Suparto serta melihat produk peta dari jaman Belanda sampai sekarang. Diakhir kegiatan ini Katopdam diwakili oleh Mayor CPT Radjamuda mengajak mahasiswa yang ingin belajar membuat peta untuk datang di TOPDAM VII Wirabuana Jl. Garuda Kota Makassar.

Leave a Reply