Prodi Akuntansi FE UNM Gelar Seminar Nasional Kewirausahaan

Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan bertajuk “Start, Run, and Grow Your Business in the Era of Society 5.0 ” di FIP Convention Center, pada Sabtu, 20/11/2021.

Seminar Nasional Kewirausahaan tersebut dilaksanakan secara blended, yakni luring dan daring. Seminar ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Ibu Dra. Hj. Sri Sulsilawati, M.Si., mewakili Walikota Makassar, Wakil Rektor 3 UNM, Prof. Dr. Sukardi Weda, Dekan FEB, Prof. Dr. Thamrin Tahir, Wakil Dekan 2 FEB, Dr. Basri Bado, WD 3 FEB, Sahade, S.Pd, M.Pd., dan sejumlah dosen FEB UNM.

Narasumber dalam Seminar Nasional Kewirausahaan tersebut adalah Kabid Pengembangan dan pemberdayaan UMKM DINAS KOPERASI dan UMKM Prov. Sulsel, Bapak Zainuddin, SE., MM., Azlan Syah, Bendahara HIPMI Sulsel dan Muh. Rifai.

Dalam samnutannya, Sahade, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan 3 FEB dan sekaligus pengampu mata kuliah Kewirausahaan, mengatakan bahwa Seminar Nasional Kewirausahaan ini adalah momentum untuk nemperoleh ilmu pengetahuan sebagai bekal di masa depan.

Dalam sambutannya, Dekan FEB UNM, Prof. Dr. H. Thamrin Tahir, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan seminar kali ini merupakan suatu rangkaian tahunan di Fakultas Ekonomi UNM, hanya yang berbeda adalah tema dengan mengikuti perkembangan dan issu-issu terkini satiap tahunnya. Tujuannya adalah bagaimana seluruh peserta dan para narasumber yang berkompeten pada bidangnya dapat bertukar pikiran, pengalaman, dan pengetahuan mengenai suatu permasalahan ilmiah dan juga bagaimana dapat mendorong para mahasiswa untuk dapat menciptakan usaha sendiri di usia produktif yang nantinya setelah mereka selesai tidak lagi menjadi pekerja dan tenaga kerja pada orang lain tetapi mampu mempekerjakan orang lain sehingga dapat berkontribusi terhadap bangsa dan negara untuk bisa mengatasi pengangguran yang setiap tahun semakin meningkat, ujarnya.

Ditengah tantangan industri 5.0 yg sudah di depan mata belumlah cukup untuk mengembang amanah yg begitu besar sebagai seorang ilmuwan dan cendikiawan di tengah masyarakat, mahasiswa masih harus banyak belajar dan terus belajar di luar Kampus untuk mengasa soft skill sebagai seorang pengusaha yg mandiri yang dapat memberikan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat luas sebagai generasi penerus bangsa di masa yang akan datang.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sukardi Weda mengatakan, sebagai pribadi dan sebagai WR 3 UNM, memberikan apresiasi atas terselenggaranya Seminar Kewirausahaan Nasional ini bertajuk: Start, Run, and Grow Your Business in the Era of Society 5.0. Ini sangat relevan dengan kondisi bangsa dan juga amanah dari visi misi UNM, ujarnya. Sukardi Weda juga mengatakan, saya melihat peserta dalam seminar ini cukup banyak, dan dilakukan secara blended, ini menunjukkan bahwa seminar ini sukses. Sukardi Weda juga mengatakan bahwa negara maju minimal 4% dari penduduknya adalah pengusaha. Generasi muda perlu mempersiapkan diri menghadapi Bonus Demografi, tahun 2030, dimana penduduk didominasi oleh usia produktif, yakni umur 15 – 64 tahun.