UNM Kembali Kukuhkan Wakil Rektor II Sebagai Guru Besar

Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menambah jumlah guru besarnya, dengan mengukuhkan Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn sebagai Guru Besar yang digelar di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Kamis (23/6/2022).

Acara tersebut berlangsung hikmat dan penuh keceriaan dengan berbagai pertunjukan seni yang ditampilkan disela-sela prosesi pengukuhan guru besar tersebut.

Prof. Karta Jayadi yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor II dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Antropologi Seni, dalam pidato pengukuhan ia menyampaikan orasi ilmiahnya dengan tema “Revitalisasi dan Diversifikasi Seni Budaya Nusantara Menuju Indonesia Maju dan Berkarakter”

Menurut Prof. Karta Jayadi ada 2 strategi untuk menuju indonesia maju dan berkarakter melalui Seni dan budaya, yakni, Revitalisasi dan Diversifikasi.

“Revitalisasi seni budaya, merupakan upaya yang sistemik untuk mempertahankan dan mengukuhkan keberadaan potensi seni budaya agar memiliki daya tahan serta nilai adaptif untuk tetap terjaga sebagi identitas masyarakat, karena seni dan kebudyaan merupakan unsur penting dalam pembentukan karakter,” ungkapnya.

Sementara itu, Disertifikasi menurutnya merupakan suatu hal yang tidak dapat dielakkan dalam upaya memelihara dan menumbuh kembangkan keberadaan seni budaya lokal. Sebagai bentuk upaya mengikuti perkembangan kehidupan manusia yang maju dan interaksi budaya yang sedemikian cair.

Ia juga mengatakan pengukuhan gelar ini merupakan penghargaan yang luar biasa bukan hanya bagi diri dan keluarga tapi demi kemajuan lembaga.

Sementara itu menurut Prof. Husain Syam dalam sambutannya mengatakan, orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Karta Jayadi mengingatkan kita bahwa seni merupakan bagian yang tak terpisahkan pada individu yang dalam membangun karakter dan kemajuan bagsa indonesia.

“Apa yang disampaikan oleh Prof. Karta mengingatkan kita bahwa seni adalah hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan individu yang kemudian membentuk karakter bangsa sehingga bangsa kita maju dan bermartabat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, prof husain mengatakan, “Atas nama pribadi dan mewakili civitas akademika menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada beliau, dan tentu keilmuan yang diperoleh selalu menunjukkan karya-karya terbaik bagi bangsa.”ungkapnya.

Pada acara itu pula dihadiri sejumlah tamu undangan para pimpinan lembaga, pimpinan perbankan, pimpinan universitas diantaranya, Rektor UNJ Prof. Dr. Komaruddin, M.Si, Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, Rektor UNSIL Dr. Nundang Busaeri, Ir., M.T., Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor UBT, Prof. Dr. Adri Patton, M.Si., Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T., M.T., Rektor UPNV Jakarta Dr. Erna Hernawati, Ak., CPMA., CA., CGOP., Rektor Undiksha
Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., Rektor UPNV Jatim Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, M.MT., dan Rektor UNSULBAR Dr. Ir. H. Akhsan Djalaluddin, M.S.

Translate »