UNM Raih 6 Penghargaan Abdidaya Ormawa di Jember

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Universitas Negeri Makassar diganjar enam penghargaan bergensi dalam malam Penganugerahan dan Awarding Abdidaya Ormawa, semalam di auditorium Universitas Jember, Jawa Timur, Sabtu (9/12). 

Enam penghargaan tersebut, yakni terbaik ke-2 atau setara perunggu sebagai sistem pendukung perguruan tinggi dengan kategori perguruan tinggi teraktif diberikan khusus kepada pengelola PT UNM. Selanjutnya, berhasil meraih empat emas sekaligus,  pertama terbaik 1 sebagai sistem pendukung mitra keberlanjutan kategori mitra dengan dukungan keberlanjutan paling strategis, terbaik 1 sebagai dosen pembimbing dengan kategori dosen pendamping terinovatif, terbaik 1 sebagai tim pelaksana dengan kategori SDG’s terkuat, dan terbaik 1 sebagai ormawa terbaik kategori ormawa terkomunikatif serta Juara 4 sebagai Tim Pelaksana kategori Manajemen Kerja Terinovatif. 

Hal itu dibenarkan oleh Koordinator Tim PPK Ormawa UNM, Prof Bahkrani Rauf yang menyaksikan secara langsung pemberian penghargaan tersebut. 

“4 empat emas yang diraih. 3 emas disumbang oleh tim MAPERWA,  1 emas diperoleh oleh Himaprodi PBSI FBS, dan juara 4 disumbang oleh LDF SC AL FURQAN BEM-FIS,” tuturnya dengan bangga Ketua LP2M UNM ini. 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof A. Muhammad Idkhan menuturkan kebanggaannya atas capaian mahasiswa UNM dalam ajang nasional tersebut. Menurutnya, prestasi tersebut tidak lepas dari kerja keras mahasiswa selama ini serta dukungan pimpinan universitas yang luar biasa. 

“Bagi saya, ini adalah capaian fantastis. Tentu sangat membanggakan nama kampus kita tercinta. Terkhusus, dukungan dari Bapak Rektor yang luar biasa selama ini dalam rangka menyukseskan kegiatan kemahasiswaan,” terang Guru Besar Teknik Mesin ini. 

Lebih lanjut, Prof A. Muhammad Idkhan berjanji akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas organisasi kemahasiswaan (Ormawa) di UNM sebagai salah satu wadah peningkatan soft skills mahasiswa guna mewujudkan mahasiswa yang memiliki karakter pelajar Pancasila dan kompetensi abad 21.

Sekadar informasi, dalam Abdidaya Ormawa ini, UNM berhasil meloloskan 5 tim pelaksana, yaitu Maperwa UNM, LDF SC AL FURQAN BEM-FISH, HIMA PLS FIP, HIMAPRODI PBSI FBS, dan MP Ekolibrium FEB. 

Abdidaya Ormawa tahun ini diikuti ribuan ormawa, tercatat 608 proposal yang dinyatakan lolos pendanaan, hanya saja setelah melalui presentasi kemajuan dan monev oleh Belmawa Kemendikbudristek ditetap 160 tim yang lolos final Abdidaya Ormawa dari 79 perguruan tinggi di Universitas Jember sebagai tuan rumah yang dilaksanakan pada 7-9 Desember 2023.

Abdidaya Ormawa menjadi salah satu ajang besar tingkat nasional yang digelar secara rutin oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek. 

Abdidaya Ormawa merupakan kegiatan pemberian anugerah/penghargaan tertinggi untuk ormawa pengabdi dan pemberdaya desa yang memberikan dampak positif terhadap pembangunan masyarakat. 

Anugerah Abdidaya Ormawa diberikan untuk seluruh pihak terkait yang mendukung keberhasilan PPK Ormawa, yaitu tim pelaksana, sistem pendukung Ormawa, sistem pendukung PT, dosen pendamping, dan sistem pendukung mitra keberlanjutan (Desa Mitra dan/atau Mitra Kelembagaan Eksternal)