kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

Pelatihan Metodologi Penelitian, Mahasiswa UNM Hasilkan 15 Proposal Penelitian

Untitled document

penalaran-3UNM – Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) mengadakaan Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) yang diikuti oleh 74 peserta. PMP merupakan kegiatan pelatihan bagi calon anggota baru LPM Penalaran UNM yang menekankan proses internalisasi dan penguatan kader terkait dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah dan metodologi penelitian. Kegiatan ini merupakan proses internalisasi tentang wawasan dan pengetahuan kader tentang metodologi penelitian. Aspek kegiatan ini menekankan pada penguasaan teori-teori seputar penelitian. Konsep kegiatan ini merupakan karantina, yaitu peserta diwajibkan untuk menginap ditempat kegiatan karena akan banyak kegiatan yang harus dilakukan.

 

PMP  dilaksanakan selama empat hari mulai 9-12 April 2015 di LEC Athirah Antang Makassar. Peserta mengikuti pelatihan empat hari berturut-turut, dan hanya memiliki waktu izin untuk keluar lokasi kegiatan selama lima jam. Peserta yang akan meminta izin harus melalui 3 panitia pengarah yang merupakan komisi disiplin yaitu Asraf Mustamin, Wiwik Mujahidin, Mardianto Barumbun, dan akan diberikan izin jika alasannya memang penting dan mendesak seperti kuliah, midtest, atau urusan penting lainnya.  Selama kegiatan PMP, ada beberapa agenda penting yang harus diikuti peserta yaitu penerimaan materi seputar penelitian, penugasan karya tulis ilmiah individu dan proposal penelitian kelompok yang akan dipresentasikan pada hari Minggu, 12 April 2015.

penalaran-4

Adapun beberapa judul materi dan pemateri yaitu Penyusunan Karya Tulis Ilmiah oleh Dr. Muhammad Saleh, S.Pd.,M.Pd & Irhamsyah S.si., M.si, memilih masalah dan menyusun pendahuluan oleh Prof. H. Sofyan Salam Ph.D &  Drs, M. Jasri Djangi, M.Si, Tinjauan Pustaka dan Daftar Pustaka oleh St. Saenab S.Pd., M.Pd & Nurhaedah S.Pd., M.Pd, Penelitian Kuantitatif Non Eksperimen oleh Prof. Dr. H. M. Sidin Ali, M.Pd, Metodologi Penelitin Kuantitatif Eksperimen oleh Rosmini Maru, M.Si., Ph.D,  Metodologi Penelitan Kualitatif oleh Dr. Farida Aryani dan Haerani nur,S.Psi, M.Si,  Hasil Penelitian dan Pembahasan (Penelitian Kuantitatif) oleh Dr. Helmi, M.Si,  Hasil Penelitian dan Pembahasan (Penelitian Kuantitatif) oleh Hikmawaty sabar, dan Komunikasi dan Teknik Persentasi oleh  Wahyudin MY S.Pd & Erwin Saputra S.Pd.

Setiap kelompok mempresentasikan masing-masing proposal penelitiannya dengan judul yang berbeda-beda, diantaranya yaitu di ruangan A, Uji Organoleptik Formulasi Biskuit Daun Pepaya Sebagai Makanan Tambahan Dalam Upaya Penanggulangannya Pada Gizi Buruk Di Kecamatan Tallo’, Pengaruh Tingkat Kecemasan Mahasiswa UNM Angkatan 2014 Terhadap Minat Berorganisasi Dibalik Pemberlakuan Kebijakan Masa Studi Lima Tahun, kelompok tiga Ekstrak Metanol Uji Skrining Fitokimia Batang Tanaman Gedi (Abelmochus manihot L.), Deskripsi Tingkat Kedisiplinan Siswa SMPN 30 Makassar dalam Penggunaan Presensi Berbasis Fingerprint, Pembuatan Bioetanol dari Daun Nanas Sebagai Sumber Energi Alternatif Pengganti Bahan Bakar, Formulasi Pakan Ternak Hewan Ruminansia Berbahan Dasar Limbah Dedak, Ampas Tahu, & Cangkan Telur dalam Mengatasi Keterbatasan Pakan Hijauan, Pengaruh Penambahan Karbon Aktif dari Biji Durian Terhadap Chemical Oxygen Demand pada Perairan Pantai losari, Analisis Kesiapan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNM dalam Menghadapi Kebijakan Wajib Pendidikan Profesi Guru 2016.

Sedangkan di ruangan B diantaranya yaitu Deskripsi Faktor-Faktor Penghambat Kinerja Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013. Kelompok tujuh dengan judul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Sma Islam Athira Dalam Mengikuti Bimbingan Belajar, Sembilan dengan judul Pengaruh Pola Asuh Demokratis Dan Empati Terhadap Perilaku Cyberbullying Di Sman 5 Makassar, Kapabilitas Mahasiswa Akuntasi Perguruab Tinggi Di Makassar Menuju Asean Economi Vomunity (Aec) 2015, Persepsi Masyarakat Terhadap Tempat Sampah Gendan Dua Mengenai Program Pemerintah Makassarta Tidak Rantasa dan Eksistensi, Budaya Sipatau, Sipakainge, Sipaka Lobbi Ditengah Hegemoni Budaya (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar).

Leave a Reply