Adakan Workshop PKM: Rektor UNM Berpesan, Pelaksanaan PKM Jangan Tertunda

Dosen Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM melakukan PKM “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah melalui Pengabdian Masyarakat pada Guru-Guru di Kabupaten Gowa.” PKM ini dilaksanakan oleh Tim PKM jurusan bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar yang diketuai oleh Prof. Murni Mahmud, PhD., Sabtu (22/8/2020).

Pada kesempatan itu, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Husain Syam, MTP., berpesan bahwa jangan menjadi alasan pandemi Covid-19 sehingga tertunda pelaksanaan pengabdian masyarakat, lakukanlah dengan penuh inovasi dan kreativitas sehingga berjalan sesuai apa yang kita harapkan bersama.

Kegiatan workshop yang berlangsung selama 3 jam tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Prof.Dr. Muhammad Jufri.S. Psi., M.Psi Psikolog, Ketua LP2M UNM, Prof. Bakhrani Rauf .

Dalam sambutannya, Dekan FBS UNM Prof Dr Syukur Saud M Pd., ketika membuka dengan resmi PKM ini menyambut dengan antusias acara tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas di bidang pendidikan.
Workshop PKM ini dihadiri oleh sekitar 45 peserta guru Bahasa Inggris yang tergabung dalam MGMP bahasa Inggris yang diketuai oleh Drs H Kamaruddin M Pd. Dalam workshop tersebut, Prof. Murni Mahmud, yang juga selaku salah satu nara sumber berkesempatan memaparkan trik jitu dalam menulis artikel sehingga menjadi artikel yang layak publikasi.

Strategi jitu dalam penulisan dan publikasi juga ditampilkan terutama bagaimana menarik perhatian publishers (penerbit) berskala nasional dan internasional. Prof Murni memberikan sejumlah solusi dari sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para peserta terkait publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan internasional.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Sukardi Weda mengatakan bahwa kegiatan tridarma yang dapat dirasakan masyarakat perlu terus dilaksanakan, sehingga UNM semakin berperan penting dalam peningkatan kualitas SDM masyarakat bangsa Indonesia dan juga layanan pendidikan di Indonesia, terutama di Sulawesi Selatan.

“Kegiatan ini adalah salah satu kinerja ekselen Jurusan Bahasa Inggris yang perlu diapresiasi”, pungkasnya.

Leave a Reply